Kecamatan SalakKabupaten Pakpak Bharat
Berita

SOSIALISASI SABER PUNGLI DIGELAR DI KECAMATAN SALAK

Kamis, 6 Desember 2018

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, telah dilakukan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Kamis (06/12/2018). Sosialisasi kali ini
dibuka oleh Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kabupaten Pakpak Bharat, Kompol Drs. Gemar Sihombing, MM. Turut juga hadir Camat Salak, Sahat P. Boangmanalu, S.Pd, MM, Para Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD dan TPKD serta Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Salak dengan narasumber yaitu Inspektorat Kabupaten Pakpak Bharat, Wakapolres Pakpak Bharat, Mewakili Dandim 0206 DAIRI/Pakpak Bharat dan Kejaksaan Negeri Dairi.

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kabupaten Pakpak Bharat, yang juga Wakapolres Pakpak Bharat, dalam arahannya mengungkapkan mencegah pungli tak hanya menjadi tugas Kepolisian, tetapi diharapkan di masing-masing lembaga untuk lebih aktif melakukan pencegahan dan penindakan hal tersebut.

Dalam melaksanakan tugasnya Tim Satgas Saber Pungli mengedepankan pendekatan pencegahan dan pembinaan, namun apabila dikemudian hari ternyata terdapat tindakan yang secara jelas dan nyata melakukan perbuatan melawan hukum maka akan dilakukan penindakan oleh Aparat Penegak Hukum.

“Kami sampaikan bahwa praktik pungutan liar merupakan pelanggaran hukum. Oleh sebab itu, aparatur Kecamatan, Desa dan masyarakat diminta untuk tidak melakukan pungutan-pungutan diluar ketentuan yang berlaku, yang bisa merugikan masyarakat. Apalagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tegas Wakapolres.

Camat Salak, Sahat P. Boangmanalu, S.Pd, MM, dalam sambutannya juga sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Beliau mengungkapkan Sosialisasi ini sangat penting untuk mendapatkan ilmu tentang saber pungli untuk dasar langkah dalam melaksanakan tugas sehari-hari selaku aparatur pemerintah dan aparatur desa, agar sesuai aturan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggaran karena kurang pemahaman para perangkat desa terkait dengan pungli.

Acara dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh  para narasumber dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Tampak terlihat para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi ini.